Senin, 20 Juni 2011

#MIWF Workshop oleh Riri Riza

#MIWF Day Three
15 June 2011


Sayang sekali Workshop Adaptation from Literature to Cinema oleh Riri Riza di Hotel Santika diadakan bersamaan dengan Community Program, Menulis Membuka Jalan oleh Ryana Mustamin di Museum Kota Makassar, sehingga saya hanya bisa menghadiri salah satunya.

Workshop Adaptasi Karya Sastra ke Sinema oleh Riri Riza diadakan di Spermonde, Lt. 11 Hotel Santika, Makassar. Peserta yang berjumlah sekitar dua puluh orang memenuhi lounge. Mereka dengan penuh perhatian mendengarkan penjelasan Riri Riza saat membawa materi.

Mulai dari Genre System sebuah film, yaitu pembedaan film menurut genre nya. Bahwa jika kita ingin memproduksi sebuah film, kita harus tahu jelas mau dibawa ke arah mana genre nya. Tentang skenario film, langkah-langkah jika kita ingin mengadaptasi karya sastra ke film, membahas contoh film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi yang dia sutradarai, tantangan proses adaptasi, The Hollywood Way hingga rancangan cerita sebuah film.

Kemudian Riri juga meminta kita membaca salah satu dari 3 cerpen yang dia sediakan, untuk kita pilih dibuatkan rancangan cerita jika cerpen itu ingin dijadikan sebuah film. Ada 3 cerpen, Pring-Re-Ke-Tek Gunung Amping Ambrol karya Seno Gumira Ajidarma, Palmerah Underground karya Bre Redana dan Pembenci Jakarta karya Lily Yulianti Farid.



Love,
Sunshine :)

0 komentar:

Posting Komentar