Rabu, 22 Juni 2011

Kisah Pagi

Pagi


Pagi selalu membawa kenikmatan bagi orang-orang yang bersyukur.
Pagi merupakan keajaiban bagi orang yang benar-benar menyadarinya.
Pagi menjadi berkah bagi yang menyambutnya dengan kerja keras dan semangat pantang menyerah.
Pagi itu awal, permulaan...

Saya suka pagi, walaupun sangat jarang saya bisa bangun pagi. Saat saya masih kecil, pagi selalu berawal dengan suara Ibu yang menyuruh saya cepat mandi dan siap-siap ke sekolah.

"Mana kaos kakimu? Dasi? Mana topimu?"
"Ndak tau dimana saya simpan..."
"Aduuh, makanya kalau pulang sekolah itu jangan ditaruh sembarangan semuanya. Kalau sudah mau dipakai begini, harus lagi dicari, aduuh, sudah jam berapa ini...?"
Gerutuan Ibu selalu sama setiap pagi.
"Ayo, sarapan dulu, nanti Ibu yang carikan..."

Maka saya akan duduk di meja makan bersama saudara perempuan saya yang lain. Menghadapi sepiring nasi goreng dan segelas besar susu coklat. Ritual sarapan itu hanya berlangsung paling lama tujuh menit.

Lalu dengan ajaibnya, sehabis sarapan, kaos kaki, dasi dan topi itu sudah ada tersedia di ruang tamu menunggu saya kenakan. Setelah semuanya siap, kami kemudian menunggu Bapak di teras.

Saat Bapak muncul, beliau sudah rapi dengan kemeja kantor, celana kain dan sepatu mengilapnya. Tampak gagah. Beliau lalu menyalakan motor Honda nya selama beberapa menit, lalu memanggil Ibu.

Ibu datang.
"Sudah mau berangkat?"
"Iya ."


Kami pun satu persatu naik di boncengan motor Bapak. Saya dan Warni di boncengan belakang. Ayu, yang paling kecil di taruh di depan. Kami bersekolah di SD yang sama.

Sekarang, pagi diawali lagi dengan suara Ibu yang membangunkan tiga orang adikku yang masih bersekolah. Ibu sudah jarang membangunkan saya lagi, dipandang sudah besar, bisa bangun sendiri, atur diri sendiri. Kebiasaan pagi yang dulu sudah tak ada, tergantikan dengan kebiasaan pagi yang lain.

Namun, PAGI masih tetap bercahaya. Dan oleh karena itu, bagaimanapun pagi yang kita hadapi, kita pun harus tetap mengawalinya dengan baik. PAGI yang baik itu AWAL yang baik. Dan segala sesuatu, baiknya diawali dengan hal yang baik, bukan?



Love,
Sunshine

0 komentar:

Posting Komentar