Senin, 20 Juni 2011

#MIWF Opening Ceremony

#MIWF Day Two
Tuesday, 14 June 2011



Malam ini merupakan acara pembukaan resmi Makassar International Writers Festival di Ballairate, Hotel Gapura, Makassar. Selain itu, di acara ini juga diputar film dokumenter-fiksi berjudul The Irreplacable. Film penghargaan kepada Bapak Muh. Salim- penterjemah naskah I La Galigo- ini disutradarai oleh Arman Dewarti (Aliguka, 2010).

Setelah Ma'sureq dan sambutan demi sambutan dibacakan, dari Lily Yulianti Farid, selaku Direktur MIWF; Riri Riza, Direktur Rumata' Artspace; Ton Van De Langkruis selaku Direktur Writers Unlimited, dkk; dan terakhir Ilham Arief Sirajuddin, selaku Walikota Makassar. Mereka masing-masing kemudian membunyikan gong menandai dibukanya secara resmi Makassar International Writers Festival 2011 di Makassar.

Malam itu seakan lalu menjadi malamnya I La Galigo dan Alm. Muh. Salim setelah berturut-turut film 'The Irreplacable' diputar, lalu satu persatu penyair naik membacakan puisi dari naskah I La Galigo yang disadur oleh Sapardi Djoko Damono. Belum lagi musik dari petikan alat musik tradisional Makassar dan sulingnya, ditambah suasana laut dan angin malam yang berhembus.

Ingatan dan kesan paling kuat dari malam pembukaan MIWF, yaitu saat Sapardi Djoko Damono membacakan puisi sebagai penutup. I was like in trance. Di usia tua seperti itu, Sapardi masih bisa menjiwai dan memberi kekuatan pada setiap kata yang di ucapkan pada puisinya. Saya seperti disuguhkan tontonan yang sangat mewah hanya dengan melihatnya untuk pertama kali, membaca puisi karyanya di atas panggung. Tak heran kalau Sapardi Djoko Damono menjadi sastrawan yang disukai dari segala kalangan dan umur.



Love,
Sunshine
 

0 komentar:

Posting Komentar