Sabtu, 24 Januari 2009

Slumdog Millionaire (2008)


Slumdog Millionaire

Genre : Crime, Drama, Romance
Pemain : Dev Patel, Anil Kapoor, Freida Pinto, Azharuddin Mohammed Ismail,
Ayush Mahesh Khedekar
Sutradara : Danny Boyle
Writers : Simon Beaufoy (screenplay), Vikas Swarup (novel)
Durasi : 120 menit
Produksi : Celador Films

Rasanya tidak berlebihan jika saya mengatakan Slumdog Millionaire merupakan film terbaik yang saya tonton sepanjang awal tahun ini. Film yang diangkat dari novel "Q&A" karya Vikas Swarup ini dirilis pada bulan Desember 2008 dan disutradarai oleh Danny Boyle, sutradara asal Inggris yang juga menyutradarai Sunshine (2007), Millions (2004), 28 Days Later (2002) dan Trainspotting (1996).

Film ini bercerita tentang dua bocah laki-laki bernama Jamal Malik dan kakaknya, Salim. Mereka tinggal di sebuah perkampungan yang sangat miskin dan kotor (slum) di Mumbai. Jamal lalu menjadi kontestan "Who Wants To Be a Millionaire?" versi India dan lalu ditangkap oleh polisi atas tuduhan bermain curang saat bermain. Saat proses interogasi inilah, kejadian-kejadian dalam hidupnya muncul satu persatu dan menjelaskan dari mana dia bisa menjawab seluruh pertanyaan hingga menang.

Sepanjang menonton film ini, kita akan dibawa ke India yang sangat berbeda. India yang ramai, padat, penuh dengan kemiskinan, kemelaratan, kotor dan pemukiman yang tidak tertata dengan baik pada masyarakat kelas bawah yang jelas tergambarkan di awal-awal film. Sangat jauh berbeda dengan film-film India yang sering digambarkan dalam film komersil lainnya, dimana rumah huni bak kastil, wanita-wanita bergaun megah, gaya hidup modern yang serba mewah, ataupun pengambilan lokasi syuting di luar negeri. Namun walaupun begitu, Danny Boyle dengan daya magisnya, mampu mengambil angle-angle yang tepat, membuat India yang apa adanya itupun, mampu dibuat indah.
Ditambah dengan penggarapan dan penulisan skenario yang kuat, scoring yang menggetarkan dan cocok di setiap scene, serta casting yang cocok membuat film ini layak menjadi film terbaik di tahun 2008.
Selain mendapat penghargaan Film Terbaik, Slumdog Millionaire juga berhasil menyabet juara dalam kategori Best Director (Penyutradaraan Terbaik), Best Screenplay melalui Simon Beaufoy serta Best Original Score lewat AR Rahman, komponis yang akhirnya tercatat sebagai orang India pertama yang meraih penghargaan tersebut di Golden Globe.

Have a nice watching!
-sunshine-

2 komentar:

  1. film India...^^=
    hohohooo
    kasihma copyan filmmu klo ketemuki' nah!^^

    BalasHapus
  2. good review.... great job sista...
    eh ta' copy buat webnya lfm nah.... thanks.....!!!!

    scene yg paling bikin saya terkesan... Saat si Jamal mengantar sepasang turis dan supirnya ke arah sungai gangga... mobil sang turis dipreteli sama Salim n the gank... trus Jamal dipukuli dan dimarahi sama Supir...
    trus Jamal pun bilang sama turis... "You wanted to see a bit
    of real India? Here it is!"
    trus cewek turis bilang..
    "Well, here is a bit of
    the real America, son."
    "("Money")" dengan berbisik melihat suaminya....
    "Oh, yes, yes! Jesus..." sang suami mengambil dompet dan memberikan lembaran dollar pada istrinya...

    hahahahahahaha..... so India dengan segala kekurangannya dan Amerika dengan uangnya... wkkkkk....

    BalasHapus