Kamis, 12 Februari 2009

Kisah Masa Kecil (1)

Saya ingat saat kecil, setiap hari Minggu, entah itu di Sinjai ataupun saat saya sudah pindah ke Makassar, setiap pagi Papi akan membunyikan laserdisc Pioneer nya. Dia akan memasang microphone, memutar lagu-lagu kesukaannya dan bernyanyi di ruang keluarga. Momen itulah yang membuat saya menyukai musik, menyukai bernyanyi dan merindukan lagu-lagu evergreen, hingga sekarang.
When I Need You, Just When I Needed You Most, Casablanca, Tonight I Celebrate My Love For You, Yesterday, True Love, lagu-lagu itulah yang selalu dinyanyikannya. Musik dan vokalnya akan terdengar membahana dari dua speaker besar yang melekat di dinding. Indah dan menyenangkan hati.

Saat pindah di Makassar, saya masih kelas 4 SD. Pelajaran yang amat susah menurut saya adalah bahasa Inggris. Saya cemburu berat pada Dewi Anggreini karena dia sangat disukai oleh guru bahasa Inggris saya. Dia tahu apa artinya cupboard. Dia tahu bagaimana mengucapkan ashtray dengan baik. Saat itu, saya bersumpah akan mempelajari bahasa Inggris dengan sungguh-sungguh hingga bisa mengalahkannya dan menjadi anak kesayangan Pak Guru.
Dan itu berhasil.
Namun tentu saja, tidak mudah.
Butuh waktu setahun hanya untuk sekedar menyukainya. Butuh waktu sekitar enam bulan untuk penasaran dengannya dan butuh waktu hingga sekarang untuk mempelajarinya. Karena sekali lagi, hal itu sama sekali tidak mudah. Mempelajari sesuatu yang saya sukai, memang memakan waktu yang lama dan tidak pernah membuat puas. Ilmu itu membuat candu bagi sebagian orang, memang benar-benar terbukti.

Tanpa saya sadari, Papi telah menjadi guru pertama saya dalam mengenalkan bahasa Inggris. Dan sungguh, selain buku dan guru, sangat menyenangkan belajar bahasa melalui lagu, musik dan lirik...

-Riana D.Resky-
lukisanmentari.blogspot.com

1 komentar:

  1. Iya, benar..^^
    Berlaku juga di lagu Jepang. Biar familiar ma kata2 Jepang, cara paling gampang ya dengar lagu2 berbahasa Jepang. Misalnya, lagu Ayumi, Yui, atau sapa kek...hehee(kayak promosi)

    Tp knp yah..kalo dengar lagu brbahasa Inggris, pas dengar ya ngerti, tapi bgitu disuruh MENGUNGKAPKAN apa artinya..langsung jd gagap!!huhuhuhuuu

    Btw, bantu cari dana donk!!!!>_<

    BalasHapus