Sabtu, 27 Desember 2008

RAIN MAN

Beri two thumbs up pada akting memukau Dustin Hoffman di film ini. Rain Man bercerita tentang dua orang saudara yang dipisahkan sejak kecil. Charlie Babbit (Tom Cruise) adalah seorang pengusaha mobil yang hampir bangkrut. Setelah ayahnya meninggal dia mengharapkan warisan yang malah diperoleh oleh Raymond yang ternyata adalah abangnya (Dustin Hoffman). Setelah dia bertemu tanpa sengaja dengan Raymond, Charlie lalu mengetahui bahwa Raymond seorang penderita autistik Savant/idiot savant. Raymond sulit berkomunikasi dan tak bisa mengutarakan pikirannya atau memahami emosinya sendiri dengan cara biasa. Rutinitas dan ritual yang selalu dilakukannya menjadi sesuatu yang melindungi dirinya sendiri. Jika ada perubahan dari rutin, hal itu menakutkannya. Dia juga sama sekali tidak mengerti konsep uang. Kalau gugup, dia sering memainkan "Who's On First" sendiri dalam pikirannya.

Rain Man bagi Charlie adalah seorang sahabat khayalannya saat masih anak-anak. Namun ternyata, Rain Man tidak bukan adalah abangnya sendiri, Raymond. Tanpa disangka-sangkanya selama seminggu melakukan perjalanan darat bersama Raymond, mereka berdua makin akrab dan menjalin hubungan psikologis yang tak terpisahkan layaknya kakak-adik.

Akting Dustin Hoffman sebagai penderita autistik sangat bagus. Saya malah mengira dia benar-benar seorang autis. Di film ini juga Tom Cruise yang benar-benar masih 'asli cakep', jadi ingat pas dia di Mission Impossible 1. Seperti dalam filmnya Valkyrie, film ini juga diproduksi oleh MGM dan United Artist. Film ini disutradarai oleh Barry Levinson tahun 1988.

Really recommend this movie!

0 komentar:

Posting Komentar