Sabtu, 27 Desember 2008

Little Man Tate


Little Man Tate (1991)

Saat jalan-jalan ke Ultra Disc saya, dengan girang gembiranya, menemukan film jadul yang sudah lama saya hunting tapi belum dapat-dapat. Salah satunya itu film berjudul In The Bridge of Madison County. Film arahan Clint Eastwood sekaligus diperankan olehnya. Yang kedua filmnya Jodie Foster yang belum pernah saya tonton ; Little Man Tate.

Walaupun saya tidak pernah membaca review atau artikel atau bahan omongan tentang film ini, saya tetap nekat menyewanya, karena saya tidak pernah dikecewakan oleh Jodie Foster. Film-filmnya, Panic Room, Flight Plan, Anna and The King, Inside Man, tak pernah membuat saya kecewa. Apalagi setelah saya membaca sampul belakang kasetnya, Jodie Foster juga menjadi sutradara dalam film ini. (Kurang apa lagi, coba?).

Little Man Tate bercerita tentang seorang anak yang super cerdas dan jenius bernama Fred Tate. Sejak kecil dia sudah menunjukkan tanda-tanda 'berbeda' dengan anak normal lainnya pada ibunya, Dede Tate (Jodie Foster). Ketika dia berumur tujuh tahun, seorang pakar akademisi yang mencari anak-anak yang jenius, Jane, tertarik pada kemampuan Fred dan lalu membawanya belajar di universitas ternama.

Inti dari film ini, ummm...saya rasa, bahwa secerdas apapun dirimu, sekuat apapun kemampuan yang kau miliki, kau akan tetap membutuhkan ibumu. Dan bahwa se-aneh apapun, se-cerdas apapun dirimu, Ibumu akan selalu ada disampingmu, mendukung dan menemanimu. Apalagi seorang Fred yang baru berumur 7 tahun, dipaksa untuk belajar di universitas tanpa ibunya disampingnya. Yang dia butuhkan hanyalah merasa bahagia bersama ibunya. Bahwa orang cerdas juga sebenarnya senormal anak-anak lain, mereka juga butuh cinta dan kasih sayang. Akting Jodie Foster cukup bagus. Yang membuat kagum itu akting Fred Tate yang diperankan oleh Adam Hann-Byrd, akting jadi anak cerdas yang kesepiannya, dapat sekali.

6/10

1 komentar:

  1. spertinya ini bgus
    mm, tertarikqa nnton
    kayak pernahqa liat..
    dimana di'?
    mungkin di Eazy

    BalasHapus