Minggu, 13 Juli 2008

Casablanca



Film ini seperti kebanyakan film yang saya tonton, dapatnya juga di Rental VCD dekat rumah. And guess what? Walaupun di-VCD kan di Indonesia tahun 2002 (saya tahu dari layar sensornya sebelum filmnya main), film ini ternyata dirilis tahun 1942. Berarti ini termasuk film hitam putih kedua yang saya tonton setelah filmnya Audrey Hepburn.
Info film ini sempat juga saya baca di majalah Cinemagz tahun lalu. Disitu ditulis film ini termasuk The Best lah di dunia.
Yang main tuh Humphrey Bogart, sebagai Richard Blaine atau Rick, sang pemilik cafe terkenal di Casablanca. Pada waktu itu, Jerman dan Inggris lagi perang. Nah, orang-orang yang ingin ke Amerika untuk mendapat tempat yang tenang, kebanyakan transitnya di Casablanca dulu. Jadi singkatnya Casablanca jadi gerbang menuju Amerika. Di sini juga kita bisa dapat izin visa ke sana.
Nah, si Rick ini tiba-tiba dapat tugas begitu dari polisi di Casablanca, sebagai orang yang berpengaruh di Casablanca, Rick diminta untuk tidak memberi surat (semacam surat penting lah untuk izin visa) kepada Victor Laszlo, seorang aktivis yang terkenal karena tulisan-tulisannya yang tajam, yang katanya akan ke Casablanca. Rick akhirnya menyetujui, walaupun bukan kebiasaannya mengurus politik dan orang lain.
Ternyata, ketika si Laszlo ini datang ke Casablanca, Rick terkejut karena si Laszlo ini datang bersama gadis yang dicintainya selama ini, Ilsa Lund. Gadis masa lalunya, the only girl he loved. Disini lah, Rick harus memilih antara permintaan polisi untuk tidak membantu Laszlo dan Ilsa untuk ke Amerika, atau memilih untuk berkorban sekali lagi untuk gadis ini.

0 komentar:

Posting Komentar