Selasa, 27 Mei 2008

Fight Club


Novel yang sangat berpengaruh, gelap, orisinal...debut yang tak terlupakan dari penulis penting baru.
-Robert Stone-

Fight Club menawarkan tulisna kejam yang menusuk dan ganjil
-The Washington Post Book World-


Aturan pertama fight club adalah jangan bicara tentang fight club
Aturan kedua fight club adalah jangan bicara tentang fight club
Aturan ketiga fight club adalah hanya dua oorang pada tiap pertarungan
Aturan keempat fight club adalah hanya satu pertarungan tiap kali.
Aturan kelima fight club adalah tanpa sepatu, tanpa baju dalam pertarungan.

Ini adalah peraturan dari buku yang berjudul sama, karangan Chuck Palahniuk pada thun 1996. This book really amazed me. Bukan hanya kata-katanya yang kejam, tajam, langsung tanpa basa-basi, jorok dan tanpa filter tapi kenyataan bahwa buku ini telah difilmkan. Cara menulisnya pun tidak seperti narasi, cara penulisannya berbeda dengan buku-buku yang pernah saya baca. Alur ceritanya pun kacau. Tapi yang lebih mengejutkan saya, karena semua itu bisa membuat saya lebih memahami emosi dari tiap-tiap karakter dalam buku ini. Ceritanya pun memang berbeda dari buku-buku lain. Saya pun sedang 'hunting' filmnya. I can't prediction it's movie...

Sedikit dari bukunya...

Bab 16, saat Tyler Durden membentuk Project Mayhem

"Saat memukuli bocah itu, aku benar-benar ingin menaruh sebuah peluru di antara kedua mata tiap panda yang terancam punah dan tak punya harapan untuk menyelamatkan spesiesnya dan setiap paus serta lumba-lumba yang menyerah dan mendamparkan dirinya sendiri. Jangan anggap ini kepunahan. Anggap saja perampingan."

See? Itu gambaran saat si "Tyler Durden insomnia" memukul seseorang saat pertarungan.

Buku ini termasuk 50 buku yang wajib dibaca. Buku ini juga termasuk buku yang paling rumit yang pernah saya baca, butuh waktu dua minggu untuk menyelesaikannya, padahal saya prediksi hanya butuh waktu dua hari..

2 komentar:

  1. pengen baca novelnya.
    baru saja beberapa detik lalu ngeliat filmnya di tv.
    ternyata adaptasi dari sebuah novel.
    tapi rasa2nya blm pernah liat novelnya ada disini.

    oya, salam kenal

    jee

    BalasHapus
  2. Wah, padahal aku seneng banget sama fight club. Nonton 2 kali.

    Di situ aku bisa belajar tentang karakter.

    www.paddyjournal.co.nr

    BalasHapus